Cara Mendiagnosis Tabung Amplifier

Cara Mendiagnosis Tabung Amplifier

Meskipun, amplifier membantu dalam meningkatkan suara gitar atau perangkat audio Anda, itu cenderung mengembangkan masalah dari waktu ke waktu. Masalah utama yang dihadapi amplifier adalah kegagalan tabung untuk bekerja. Ada dua jenis tabung tabung power dan preamp.

Info : Akusaraprosound

Tabung listrik mendorong sinyal keluar dari speaker amp sedangkan tabung preamp meningkatkan dan membentuk sinyal yang masuk. Ketika tabung bermasalah, ada ketidakkonsistenan dalam suara yang keluar dari amp.

Hal yang baik adalah Anda dapat dengan mudah mendiagnosis tabung. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu melakukan yang berikut

Periksa sekeringnya

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melihat sekering dan melihat apakah itu meledak. Sekring biasanya terletak di bagian belakang amplifier dekat kabel listrik. Anda harus membuka sekring dan memeriksa apakah ada bekas terbakar. Jika ada bekas terbakar, ini merupakan indikasi bahwa sekring telah meledak.

Ketika sekering putus, ini merupakan indikasi bahwa tabung mati atau sekarat dan akibatnya memaksa amp untuk menarik banyak daya dari dinding sehingga bekerja terlalu keras sekering.

Periksa tabungnya

Anda harus melihat tabung dan melihat apakah itu rusak. Tabung yang rusak biasanya memiliki bintik-bintik putih, hitam, atau bubuk perak di bagian dalamnya. Dalam kasus yang jarang terjadi, Anda akan menemukan bahwa tabung telah terbakar. Tabung terbakar seperti bola lampu. Dalam kasus seperti itu, biasanya ada tanda terbakar di atasnya.

Nyalakan amp

Anda harus menghidupkan amp dan mendengarkan suaranya. Tabung biasanya menghasilkan suara yang membosankan. Jika Anda tinggal selama lima hingga sepuluh menit dan kemudian suaranya hilang, itu menandakan bahwa tabungnya buruk. Jika tabung benar-benar mati, suara tidak akan hilang.

Kesimpulan

Jika tabung Anda buruk, Anda tidak boleh hanya mengganti satu tabung; Anda harus mengganti semuanya. Tujuan dari ini adalah untuk memastikan bahwa daya seimbang di antara semua tabung. Ini menghasilkan umur tabung yang lebih lama.

Anda harus berhati-hati saat mengganti sekering. Sebagai aturan praktis, Anda tidak harus mencoba mengganti sekering dengan yang lebih kuat. Ini karena ini akan mengakibatkan kerusakan permanen pada daya pusat amp Anda.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>